apa-itu-google-forms

Apa itu Google Form ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Google Form? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Google Form dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Google Form supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Google Form

Google Form adalah layanan software berbasis online yang disediakan oleh Google untuk para pengguna yang ingin membuat formulir yang bertujuan mengumpulkan data. Misalnya kamu ingin membuat formulir pendaftaran untuk kegiatan yang ingin kamu adakan, formulir pemesanan suatu layanan, survey online untuk kebutuhan tugas akhir atau skripsi, kuis, formulir keluhan pelanggan, dan lain sebagainya, maka kamu bisa menggunakan Google Form yang mudah digunakan.

Fitur Google Form

Beberapa fitur Google form yang tersedai antara lain adalah:

  • Bisa membuat banyak formulir pada satu akun
  • Beragam pilihan respons seperti pilihan ganda, centang, drop down, dan upload file,
  • Bisa menambahkan sub-pertanyaan dengan pilihan jawaban/respons,
  • Bisa menyematkan gambar dan atau video,
  • Kemudahan menyyimpan respons form ke dalam Google Spreadsheet

Cara Menggunakan Google Form

Cara termudah untuk mulai membuat formulir adalah langsung dari aplikasi Google Form. Buka docs.google.com/forms , lalu pilih template atau mulai formulir kosong.

Ada juga tautan ke Google Formulir di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide: klik File -> Baru -> Formulir untuk memulai formulir kosong baru. Atau, di Google Spreadsheet, klik Alat -> Buat Formulir untuk memulai formulir baru kosong yang secara otomatis ditautkan ke spreadsheet itu. Itulah cara tercepat untuk memasukkan data ke dalam spreadsheet baru atau yang sudah ada: buka spreadsheet tempat Anda menginginkan data, mulai formulir, dan respons formulir akan otomatis disimpan di sana tanpa klik tambahan.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu Google Form yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top