apa-itu-google-ads

Apa itu Google Ads ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Google Ads? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Google Ads dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Google Ads supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Google Ads

Google Ads adalah platform periklanan online yang dikembangkan oleh Google di mana pengiklan menawar untuk menampilkan iklan singkat, penawaran layanan, daftar produk, atau video, kepada pengguna web.

Platform ini dapat menempatkan iklan baik di hasil mesin telusur seperti Google Search (Jaringan Penelusuran Google) dan di situs web non-penelusuran, aplikasi seluler, dan video (Jaringan Display Google), yang mana layanan ditawarkan dengan model harga bayar per klik (Paid per Click / PPC).

Google Ads adalah sumber pendapatan utama Alphabet Inc (Induk perusahaan Google), dengan kontribusi US$134,8 miliar pada 2019.

Platform Google Ads ini sebelumnya dikenal dengan nama Google Adwords, sebelum akhirnya pada tahun 2018 berubah nama menjadi Google Ads hingga saat ini.

Sejarah Google Ads

Google meluncurkan AdWords pada tahun 2000. Pada awalnya, pengiklan AdWords membayar layanan tersebut setiap bulan, dan Google akan menyiapkan dan mengelola kampanye mereka. Untuk mengakomodasi usaha kecil dan mereka yang ingin mengelola kampanye mereka sendiri, Google segera memperkenalkan portal layanan mandiri AdWords. Pada tahun 2005, Google memulai layanan manajemen kampanye yang disebut Jumpstart.

Sistem AdWords awalnya diterapkan di atas mesin database MySQL. Setelah sistem diluncurkan, manajemen memutuskan untuk menggunakan Oracle tetapi akhirnya dikembalikan ke MySQL setelah sistem menjadi jauh lebih lambat.

BACA JUGA:  Apa itu Daerah Aliran Sungai (DAS)? Definisi dan Penjelasannya

Akhirnya, Google mengembangkan sistem manajemen basis data relasional terdistribusi khusus (RDBMS) yang dikenal sebagai Google F1, yang dikhususkan untuk kebutuhan bisnis Iklan. Antarmuka menawarkan Pengeditan Spreadsheet, Laporan Kueri Penelusuran, dan metrik konversi.

Pada tahun 2008, Google meluncurkan Google Online Marketing Challenge, sebuah latihan akademik di kelas untuk siswa tersier. Lebih dari 8.000 siswa dari 47 negara berpartisipasi dalam tantangan pada tahun 2008, lebih dari 10.000 siswa dari 58 negara ikut serta pada tahun 2009, sekitar 12.000 siswa pada tahun 2010, dan hampir 15.000 siswa dari 70 negara pada tahun 2011. Tantangan ini berlangsung setiap tahun, kira-kira dari Januari hingga Juni.

Pada bulan April 2013, Google mengumumkan rencana untuk menambahkan kampanye yang disempurnakan untuk AdWords guna membantu pengelolaan kampanye yang ditujukan bagi pengguna beberapa perangkat. Kampanye yang disempurnakan bertujuan untuk menyertakan laporan lanjutan tentang pengguna. Langkah ini kontroversial di kalangan pengiklan.

Pada bulan Juli 2016, Google meluncurkan iklan “Showcase Shopping”. Dengan format ini, pengecer dapat memilih untuk memiliki serangkaian gambar yang muncul di hasil pencarian yang terkait dengan berbagai permintaan pencarian dan kata kunci.

Pada bulan Oktober 2017, Google merevisi batas anggaran harian AdWords, yang sebelumnya ditetapkan maksimum 120% dari anggaran harian yang telah ditetapkan, menjadi maksimum 200%. Perubahan ini diluncurkan pada hari yang sama diumumkan, memicu kritik dari profesional pencarian berbayar, meskipun Google kemudian mengklarifikasi bahwa perubahan ini hanya akan memengaruhi kampanye jangka pendek kurang dari 30 hari dan bahwa untuk kampanye yang berjalan lebih dari 30 hari, kelebihan biaya akan dikembalikan.

Pada tanggal 27 Juni 2018, Google mengumumkan rebranding alias perubahan nama merek Google AdWords menjadi Google Ads per 24 Juli 2018.

BACA JUGA:  Apa itu 5G ? Definisi dan Penjelasannya

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu Google Ads yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Scroll to Top