apa-itu-gmail

Apa itu Gmail ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Gmail? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Gmail dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Gmail supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Gmail

Gmail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Pada tahun 2019, Gmail memiliki 1,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Pengguna biasanya mengakses Gmail di browser web atau aplikasi seluler resmi. Google juga mendukung penggunaan klien email melalui protokol POP dan IMAP.

Saat diluncurkan pada tahun 2004, Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan satu gigabyte per pengguna, yang jauh lebih tinggi daripada yang ditawarkan pesaingnya saat itu. Hari ini, layanan ini hadir dengan penyimpanan 15 gigabyte.

Pengguna dapat menerima email hingga ukuran 50 megabyte, termasuk lampiran, sementara mereka dapat mengirim email hingga 25 megabyte. Untuk mengirim file yang lebih besar, pengguna dapat memasukkan file dari Google Drive ke dalam pesan.

Gmail memiliki antarmuka yang berorientasi pada pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet. Layanan ini terkenal di kalangan pengembang situs web dikarenakan adopsi awal dari metode AJAX (Asynchronous Javascript and XML) yang digunakan pada Gmail.

Sepanjang perjalanannya, Gmail banyak dikritik dikarenakan kebijakan privasi pengguna yang dirasa semakin dibatasi dan dikurangi, kemudahan pemantauan oleh pihak ketiga, dan potensi Google untuk mengubah kebijakannya untuk semakin mengurangi privasi dengan menggabungkan informasi dengan penggunaan data Google lainnya.

Tapi walaupun begitu, hingga saat ini, Gmail masih menguasai pangsa pasar aplikasi email sebesar 27,8% dari total pengguna di seluruh dunia, dan bahkan di Amerika Serikat sendiri aplikasi ini menguasai 58% pasar, yaitu sekitar 130,9 juta pengguna, dengan jumlah email terkirim setiap harinya sebanyak 306,4 milyar email per hari.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu Gmail yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top