apa-itu-abjad

Apa Itu Abjad ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Abjad? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti abjad adalah kumpulan huruf (aksara) berdasarkan urutan yang lazim dalam bahasa tertentu, sistem aksara yang melambangkan bunyi bahasa yang dipakai untuk menuliskan bahasa, sistem lambang yang mempertalikan satu lambang dengan sejumlah bunyi bahasa yang berperan sebagai satuan fungsional terkecil dalam struktur bahasa, dan sistem lambang yang mempertalikan satu lambang dengan satu bunyi bahasa yang dihasilkan alat ucap manusia.

Beberapa variasi dari kata abjad setelah diberi imbuhan antara lain adalah:

  • Berabjad, artinya menurut susunan abjad; mempunyai abjad,
  • Mengabjad, artinya mengabjadkan,
  • Mengabjadkan, artinya menyusun berdasarkan abjad,
  • Pengabjadan, artinya proses, cara, perbuatan mengabjad atau mengabjadkan.

Etimologi Abjad

Nama “abjad” ( abjad أبجد ) berasal dari penggabungan ucapan empat huruf pertama dari abjad Arab di urutan aslinya. Urutan ini serupa dengan proto-alfabet Fenisia, Ibrani dan Semit yang lebih tua: khususnya, aleph, bet, gimel, dalet.

Loh? Bukannya urutan abjad Arab itu Alif Ba Ta Tsa? Berarti mestinya Abtats dan bukan Abjad?

Sebenarnya tidak salah, karena urutan Alif Ba Ta Tsa itu juga merupakan salah satu urutan abjad bahasa Arab yang banyak digunakan saat ini, yang mana urutannya disebut dengan urutan hijāʾī yang lebih baru, dan lazim ditemukan pada kamus modern dan buku referensi.

Namun, khusus untuk kasus etimologi kata “abjad” itu sendiri, urutan yang digunakan adalah urutan abjadi Maghribi atau Maghrebi atau Maghrebian yang sudah ada lebih dulu dibandingkan urutan hija’i, yang mana empat huruf awalnya adalah Alif, Ba, Jim, Dal.

Urutan selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah:

urutan-maghribi-maghrebian-abjad
sumber: Wikipedia

Urutan di atas umum dibaca atau disuarakan seperti ini:

abujadin hawazin uṭiya kalman aʿfaḍ qurisat thakhudh aghushatau *Abujadin hawazin h’ut(o)iya kalman s(w)åfad q(o)urisat t(s/h)akhudh z(h/w)ag(gh)ush

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu abjad yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top