Site icon Asaljeplak.my.id

8 Gejala Stress Ini Tidak Boleh Diremehkan

8 Gejala Stress Ini Tidak Boleh Diremehkan

8 Gejala Stress Ini Tidak Boleh Diremehkan

Anda mungkin berpikir tingkat stres Anda sudah terkendali. Lagi pula, Anda tidak menderita insomnia, jantung berdetak kencang, sakit kepala yang mengganggu, atau gejala stres klasik lainnya.

Tetapi, menurut The American Institute of Stress, stres juga dapat disebabkan oleh gejala-gejala yang sering kita anggap biasa saja. Berikut adalah delapan gejala yang terkesan sepele tapi merupakan tanda seseorang mengalami stress.

1. Sering tertidur sebentar

Biasanya ini terjadi apabila tubuh merasa kelelahan akibat stress yang tanpa sadar kita alami. Terlalu banyak pikiran yang tanpa sadar menyebabkan stress juga akan berdampak pada stamina dan energi di dalam tubuh, sehingga mudah lelah dan mengantuk.

2. Emosi yang naik-turun

Dada sering terasa berat, nafas naik turun, perasaan marah, kesepian, frustasi, dan ketakutan bercampur aduk menjadi satu, itu juga merupakan tanda kalau kita mengalami stress meskipun bisa saja tidak kita sadari.

3. Sering terpaku

Tubuh terasa kaku dan rasanya sulit untuk digerakkan, serta merasa sulit bernafas, merupakan gejala yang menandakan kita sedang mengalami stress, yang mana untuk gejala ini biasanya diakibatkan karena adanya trauma seperti baru mengalami bencana alam, atau baru saja diserang secara fisik atau mengalami kecelakaan.

4. Mengikuti arus

Terkadang saat kita terlalu stress, maka biasanya kita akan menuruti saja apa yang diinginkan orang lain dan biasanya perasaan kita seakan tidak merasakan apa-apa dan hanya mengikuti arus kemana orang lain ingin kita melangkah. Ini umum terjadi misalnya dalam situasi bahaya seperti menjadi korban perampokan, atau bahkan saat bertengkar dengan pasagan (yang mana akhirnya kita menuruti saja mau mereka).

5. Seakan mau pingsan

Terkadang stress bisa muncul disertai dengan kepala yang terasa pusing dan pandangan yang berputar, seakan-akan kita mau pingsan. Ini bisa diakibatkan oleh trauma atau PTSD, yang membuat kita merasa perlu untuk menghentikan semua aktivitas tubuh untuk sementara.

6. Tubuh terasa nyeri

Tubuh yang terasa nyeri saat bangun tidur padahal tidak habis melakukan kegiatan fisik atau kegiatan yang menyebabkan otot kaku, juga bisa menjadi pertanda kalau kita sedang mengalami stress. Biasanya ini dibarengi dengan sakit kepala, nyeri tulang belakang, dan rasa tidak enak pada perut.

7.  Sering menggertakkan gigi

Terkadang juga kita sering menggertakkan gigi saat stress tanpa kita sadari, yang kalau terus dibiarkan bisa berbahaya untuk gigi dan bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri pada rahang, wajah, dan gigi terasa ngilu.

8. Sering makan

Hal lain yang terkadang tidak kita sadari saat stress  adalah kecenderungan untuk makan lebih banyak, yang terkadang sulit dibedakan dari rasa lapar biasa. Ini tentu saja berbahaya terutama kalau kita sampai terkena obesitas yang tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Exit mobile version