Berikut ini adalah 7 Tips untuk Membantu Anak-anak Penyandang Disabilitas Belajar di Rumah yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.
Karena banyak siswa menerima perhatian tambahan dan dukungan langsung dari guru pendidikan khusus mereka, meniru lingkungan di rumah hampir mustahil. Untuk membantu orangtua dan pengasuh yang mungkin merasa frustrasi dengan pembelajaran virtual atau hybrid, berikut adalah kiat terbaik dari para ahli untuk membantu siswa penyandang disabilitas belajar di rumah.
1. Buat Jadwal Visual
Maklum, anak penyandang disabilitas mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan pembelajaran di rumah. Jika anak Anda kesulitan fokus atau mudah kewalahan dengan jadwal mingguan, cobalah menyusun kelas setiap hari dalam format yang mudah dimengerti.
“Untuk anak-anak yang mengikuti model pembelajaran hybrid, mengingat seperti apa jadwalnya dari minggu ke minggu bisa menimbulkan kecemasan,” jelas Dr. Liz Nissim Matheis, psikolog dan pendiri Psychological & Educational Consulting dan orang tua dari seorang anak. dengan ADHD dan kecemasan.
Untuk membantu siswa menyesuaikan diri dengan perubahan ini, Dr. Matheis menyarankan untuk mengatur jadwal harian anak Anda dalam tampilan yang jelas sehingga dapat dirujuk kapan pun diperlukan. “Siapkan papan tulis atau papan poster dengan anak Anda sehingga dia tahu seperti apa jadwalnya dari hari ke hari,” tuturnya.
2. Rapikan Ruang Anak Anda
Untuk anak-anak yang memiliki gangguan perhatian, menjaga supaya gangguan seminimal mungkin adalah kuncinya. Karena siswa memiliki akses yang lebih mudah ke hal-hal seperti video game dan ponsel, penting untuk menghilangkan godaan sebanyak mungkin.
“Jika anak Anda bekerja di kamarnya, ini mungkin saat yang tepat untuk melihat-lihat dan membersihkan ruangan,” kata Dr. Matheis. “Singkirkan semua barang yang bisa jadi pengganggu, atau setidaknya jauhkan dari pandangan. Misalnya, jika Nintendo Switch putra Anda telah nampak, dia mungkin ingin meraihnya saat merasa kewalahan atau bosan dengan suatu tugas. Tempatkan barang-barang di dalam laci atau tempat sampah di bawah tempat tidur atau di lemari untuk menciptakan lingkungan yang tidak mengganggu secara visual. Jika memungkinkan, letakkan meja anak Anda di dinding dan hindari jendela, karena mereka juga berfungsi sebagai pengganggu. “
3. Berikan Instruksi Langsung
Menetapkan ekspektasi untuk anak-anak Anda sangat penting. Namun, orangtua harus melakukannya dengan cara yang mudah dimengerti oleh anak. Untuk membantu siswa penyandang cacat tetap berada di atas tugas mereka, orang tua hendaknya mempertimbangkan untuk memberikan petunjuk langsung dan jelas untuk setiap tugas.
“Anak-anak yang mengalami kesulitan pemrosesan mungkin memiliki kapasitas yang lebih rendah untuk menerima informasi, yang dapat memicu kecemasan dan memanifestasikan dirinya sebagai luapan atau kemarahan,” kata Dr. Matheis. “Akibatnya, Anda akan memberikan satu arahan pada satu waktu yang memungkinkan anak untuk memproses dan menindaklanjuti sebelum memberikan sedikit informasi atau arahan berikutnya. Ini membuat kecemasan rendah dan membangun harga diri.”
4. Bersikaplah Fleksibel; Bagaimana dan Kapan Anak Anda Belajar
Duduk diam dalam waktu lama dan fokus pada layar sering kali jadi tantangan bagi anak-anak penyandang disabilitas. Joanne Connolly, seorang guru pendidikan khusus di Pennsylvania, menyarankan untuk mendorong siswa untuk menggunakan bantal atau selimut pangkuan yang berat, bantal kursi, atau pilihan tempat duduk yang fleksibel supaya mereka tetap terlibat. “Biarkan anak Anda memegang boneka selama pelajaran langsung,” tuturnya. “Beberapa pelajar termuda kami paling baik duduk di pangkuan orangtua mereka.”
Joanne juga merekomendasikan untuk memesan kit sensorik yang berisi barang-barang ramah gelisah seperti adonan mainan, batu, atau bola stres, untuk anak-anak yang berjuang dengan kecemasan atau memiliki gangguan pemrosesan sensorik. Dengan cara ini, anak-anak dapat membuat tangan mereka sibuk dan tetap tenang selama pelajaran.
5. Advokat Untuk Anak Anda
Orangtua dari anak penyandang disabilitas tahu betapa pentingnya menjaga dialog terbuka dengan guru mereka. Namun, komunikasi reguler itu harus ditingkatkan beberapa tingkat saat siswa belajar di rumah. “Mintalah semacam kontak mingguan atau dua mingguan untuk membahas bagaimana keadaan anak Anda. Jika Anda memiliki pelajar yang lebih muda, Anda akan terlibat setiap hari,” kata Joanne. “Mintalah apa pun yang Anda butuhkan dari guru!”
Selain itu, jika pembelajaran virtual tidak berhasil untuk anak-anak Anda, jelaskan hal itu dengan staf sekolah. Mungkin ada sumber daya berbeda yang tersedia untuk mereka. “Jika anak Anda memiliki kebutuhan yang lebih banyak, tanyakan pada direktur pendidikan khusus Anda apakah asisten instruksional – atau seseorang yang membantu guru dalam lingkungan pendidikan dapat datang ke rumah Anda untuk membantu pembelajaran virtual.”
Orangtua juga dapat bertanya tentang program pendidikan kompensasi distrik mereka. Atau dikenal sebagai Comp Ed, program pendidikan kompensasi dapat membantu anak-anak “mengejar ketinggalan” ketika distrik sekolah tidak dapat menyediakan pendidikan publik yang memadai dan sesuai untuk jangka waktu tertentu. “Untuk menentukan apakah anak Anda memenuhi syarat untuk pendidikan kompensasi, periksa IEP anak Anda dan lihat instruksi yang dirancang khusus,” saran Joanne. “Apakah sesuai untuk pembelajaran virtual? Jika tidak, revisi IEP telah diatur. Pastikan distrik sekolah Anda mematuhinya!”
6. Setel Timer
Bergantung pada kecacatan anak Anda, tetap pada tugas dan mengatur waktu mereka bisa sangat menantang sambil belajar secara virtual. “Banyak dari anak-anak kami jadi kewalahan saat mereka melihat email atau Google kelas mereka dan melihat berapa banyak tugas yang mungkin mereka miliki,” jelas Dr. Matheis. Untuk anak-anak yang mengalami kecemasan, ADHD, atau disleksia, mengatur pengatur waktu untuk setiap tugas akan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan manajemen waktu.
“Ketika diminta memperkirakan berapa lama sebuah tugas akan berlangsung, siswa penyandang disabilitas jarang dapat memberikan jawaban yang akurat,” jelas penulis Patricia W. Newhall. “Sementara beberapa terlalu meremehkan waktu yang dibutuhkan dan mengatur diri mereka sendiri untuk kekecewaan dan frustrasi, yang lain terlalu melebih-lebihkan waktu dan merasa kewalahan bahkan sebelum mereka mulai. Mengembangkan rasa kecepatan tugas individu mereka sangat penting bagi siswa untuk mempelajari manajemen waktu.”
7. Lakukan Rute Pembelajaran Asinkron
Jadwal yang terdiri dari sesi Zoom berurutan dapat jadi tidak produktif atau tidak sesuai dengan minat terbaik anak-anak Anda. Daripada berjuang untuk memastikan anak Anda memperhatikan, pertimbangkan untuk mengadopsi rencana pembelajaran yang fleksibel.
“Bahkan jika Anda diberi jadwal, yakinlah Anda dapat terlibat dalam pembelajaran asinkron – atau pembelajaran yang tidak memerlukan interaksi waktu nyata – kapan pun Anda mau,” kata Joanne. “Kadang-kadang, belajar sama sekali mungkin tidak sia-sia. Sebagai orang tua dari anak penyandang disabilitas, ingatlah bahwa tidak apa-apa mengambil cuti dari pembelajaran online, jika perlu!” Jika Anda memerlukan panduan dalam membuat jadwal yang paling sesuai untuk anak Anda, silakan hubungi guru untuk mempelajari tentang pilihannya.