Site icon Asaljeplak.my.id

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Eksim

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Eksim

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Eksim

Berikut ini adalah Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Eksim yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Eksim atau dermatitis atopik adalah ketika timbul bercak-bercak kulit yang meradang, gatal, merah, dan kasar. Kondisi kulit ini bersifat jangka panjang dan kronis, serta belum ada obat untuk menyembuhkannya. Walau begitu, dengan perawatan yang tepat, peradangan dan gatal dapat dicegah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat kulit eksim adalah menjaga kelembapan kulit. Oleh karena itu, pelembap sangat dibutuhkan untuk penderita kulit jenis ini.

Walau begitu, pelembap untuk kulit eksim pun tidak sama dengan jenis kulit lainnya. Salah menggunakan pelembap justru dapat membuat eksim semakin parah.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih pelembap untuk kulit eksim:

Cari pelembap krim atau salep

Pada umumnya, terdapat tiga jenis pelembap, yaitu lotion, krim, dan ointment atau salep. Tidak semua jenis pelembap dapat memberi kelembaban yang dibutuhkan untuk penderita eksim.

Pilihlah produk pelembap yang mengandung lebih banyak minyak. Semakin banyak minyak, maka semakin baik untuk mengatasi kulit kering pada penderita eksim.

Adapun dari ketiga jenis tersebut, pelembap berbentuk krim dan salep lebih banyak mengandung minyak, sehingga efektif untuk melembapkan kulit penderita eksim.

Pilih produk Hypoallergenic 

Untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi atau peradangan pada kulit eksim, pilihlah produk yang bertuliskan Hypoallergenic. Label hypoallergenic berarti produk tersebut cenderung menyebabkan lebih sedikit reaksi alergi dibandingkan dengan produk lainnya.

Cek kandungan pada label kemasan

Meski berlabel hypoallergenic, bukan berarti Anda sepenuhnya bebas dari reaksi alergi. Bila Anda memiliki alergi pada zat tertentu, ada baiknya Anda melihat kembali kandungan yang ada di dalamnya. Cek terlebih dahulu apakah pelembap tersebut mengandung suatu zat tertentu yang membuat alergi Anda kambuh, yang pada akhirnya dapat memperparah eksim Anda.

Hindari pelembap dengan pewangi

Sebelum membeli pelembap, pilihlah yang bertuliskan “Fragrance Free” atau bebas pewangi, “Perfume Free” atau bebas parfum, dan “Dye Free” atau bebas pewarna.

Selain itu, hindari pilih pelembap untuk kulit eksim yang bertuliskan “unscented” atau tidak beraroma. Biasanya meski produk tersebut tidak beraroma, tapi masih mengandung sedikit zat pewangi.

Zat pewangi dan pewarna adalah salah satu zat kimia yang dapat merusak kulit eksim. Bukannya jadi lembap, kulit Anda justru bisa iritasi.

Pilih produk dengan bahan dasar dari tumbuhan

Bila zat kimia tertentu dapat merusak kulit eksim, maka pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan alami dari tumbuhan. Bahan-bahan alami ini cenderung cocok pada kulit sensitif, termasuk pada eksim.

Pilih juga produk pelembab yang mengandung antiinflamasi untuk cegah peradangan pada kulit Anda. Beberapa bahan alami yang bisa Anda pilih, seperti minyak rosehip, minyak zaitun, chamomile, minyak almond, minyak safflower, oatmeal, dan lainnya.

Exit mobile version