Site icon Asaljeplak.my.id

3 Manfaat Makan Es Krim saat Anak Sedang Demam

3 Manfaat Makan Es Krim saat Anak Sedang Demam

3 Manfaat Makan Es Krim saat Anak Sedang Demam

Berikut ini adalah Saat sedang Demam, Makan Es Krim Ternyata Banyak Manfaatnya Asal Jangan Kebanyakan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Sejak kecil, Anda mungkin diberi tahu oleh orangtua kalau makan atau minum es seperti es krim, es loli, sorbet buah, yogurt, atau minuman dingin bisa bikin sakit. Hal ini tidak tepat karena pada dasarnya yang bisa menyebabkan demam adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus, bukan suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Demam sendiri adalah tanda sistem imun sedang memerangi peradangan atau infeksi di dalam tubuh. Penyebab infeksi sendiri bisa bermacam-macam. Misalnya infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan atau infeksi virus influenza penyebab flu atau pilek.

Karena itu, bila Anda sedang demam sebenarnya mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin tidak akan menyebabkan atau memperparah infeksi dalam tubuh.

Makan es krim secukupnya ketika diserang demam ternyata bermanfaat buat Anda atau si kecil, lho. Perhatikan khasiat makan es saat demam berikut ini.

1. Mencegah dehidrasi

Saat tubuh demam tinggi, Anda mungkin akan berkeringat lebih banyak dan buang air kecil lebih banyak. Hal ini bisa membuat Anda cepat kehilangan cairan. Padahal, mungkin mulut Anda terasa kurang sedap kalau harus minum banyak air.

Nah, mengisap es loli atau makan sorbet saat demam akan membantu Anda mengembalikan cairan dalam tubuh dengan rasa yang enak di mulut. Sebaiknya memang Anda membuat es loli atau sorbet sendiri di rumah supaya lebih sehat dan tidak terlalu banyak mengandung gula.

Anda bisa membuat es loli atau sorbet dengan cara membekukan jus buah asli di freezer. Supaya cita rasanya lebih manis tapi tidak kebanyakan gula, Anda bisa menambahkan madu saat membuat jus.

2. Menambah asupan kalori

Tubuh Anda membutuhkan kalori yang cukup supaya sel-sel tubuh Anda sanggup mempertahankan diri dari serangan penyakit. Selain itu, kalori juga diperlukan untuk melawan infeksi. Salah satu sumber kalori yang disukai hampir semua orang adalah es krim.

Nah, es krim bisa menambah asupan kalori terutama buat orang yang tidak nafsu makan saat sakit. Disuguhi camilan yang nikmat tentu akan membuat Anda lebih bergairah untuk makan, bukan?

Akan tapi, usahakan untuk memilih es krim yang rendah gula dan rendah lemak. Anda juga bisa membuat sendiri es krim kesukaan Anda di rumah kalau mau lebih aman.

3. Membantu meredakan nyeri akibat peradangan

Ketika Anda sedang mengalami peradangan, makanan dan minuman yang sejuk bisa membantu meredakan nyeri atau rasa tidak nyaman karena peradangan. Misalnya ketika Anda sedang sakit radang tenggorokan.

Karena itu, Anda boleh makan es krim, es loli, sorbet, yogurt, atau puding supaya tenggorokan Anda terasa lebih dingin.

Exit mobile version