Best 5 Oto: Jajal BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, Jakarta dan London Punya LEZ

Asaljeplak.my.id –Sirkuit Sentul, sepeda motor listrik, BL-SEV01, Harley-Davidson, moge, ganjil genap, London, Jakarta, ULEZ, LEZ, kawasan rendah emisi, lampu mobil, Daihatsu, uji emisi kendaraan bermotor, PPnBM adalah highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi hari ini.

Kabar menarik datang dari kawasan Kota Tua Jakarta. Kini diberi label sebagai Kawasan Rendah Emisi atau Low Emission Zone (LEZ), perbaikan kualitas udara yang dilakukan tidak berbeda dengan London, ibu kota Britania Raya yang menerapkan Ultra Low Emission Zone (ULEZ).  Untuk itu, kendaraan yang akan melintas diharapkan sudah melewati tahap uji emisi kendaraan bermotor. Sehingga tidak dikenai denda.

Melanjutkan topik rendah emisi, sepeda motor listrik buatan putra bangsa, BL-SEV01 baru saja rampung menjalani uji coba di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Seru, karena tester atau rider pengetesan adalah alumni dari kampus yang menelurkan produk ini.

Kemudian kabar dari sektor ekonomi atau finansial untuk mendongkrak urat nadi perekonomian yang melambat akibat adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Pertamina Kembangkan Industri Baterai

Pemerintah segera menerapkan kebijakan relaksasi atau keringanan pajak bagi pembelian mobil baru lewat koridor PPnBM. Harapannya, kebutuhan akan transportasi pribadi terlaksana, dan di sisi lain memberikan napas bagi industri otomotif. Cermati, mobil mana saja yang dicoret pajaknya.

Lanjut kepada upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah Kota Bogor menerapkan sistem ganjil genap akhir pekan. Para pelanggar, termasuk selebritis dan pengguna moge Harley-Davidson juga tidak luput dari pemberhentian serta pelarangan.  Imbauan yang dilayangkan kepada pengguna semua kendaraan bermotor, tanpa pengecualian, baik sendiri maupun konvoi adalah peraturan mesti diindahkan dan dilaksanakan.

READ  Hasil Liga Italia: Verona vs Atalanta Berakhir Imbang

Dan sebagai penutup adalah fitur lampu utama yang disodorkan dari Daihatsu untuk membantu para penggunanya. Yaitu dengan pilihan ‘auto” lampu depan akan menyala secara otomatis saat memasuki kawasan dengan intensitas cahaya kurang.

Demikian pula bila lupa mematikan lampu saat turun dari mobil, maka fitur akan bekerja otomatis mematikannya.

Silakan langsung menuju ke lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas, dan jangan lupa terapkan protokol kesehatan di manapun Anda berada. Termasuk mengenakan masker setiap kali keluar rumah.

Baca Juga:
Pengamat : Dampak Relaksasi Pajak Mobil Baru Tak Signifikan

1. Hore, Seperti London yang Terapkan ULEZ, Jakarta Punya LEZ

Suasana Kota Tua, Jakarta [Suara.com/Alfian Winanto] Suasana Kota Tua, Jakarta [Suara.com/Alfian Winanto]

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan Kawasan Rendah Emisi atau Low Emission Zone yang disingkat sebagai LEZ mulai pekan lalu (8/2/2021). Berlaku untuk kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, dampaknya signifikan. Yaitu ditandai dengan kualitas udara membaik.

Berbincang soal LEZ, DKI Jakarta tidak sendirian. Antara lain ada London, ibu kota Inggris sekaligus Britania Raya menerapkan kawasan Ultra Low Emission Zone atau ULEZ. Dengan sebutan lain adalah Kawasan Sangat Rendah Emisi yang disahkan pada 8 April 2019.

Baca selengkapnya

2. Mobil yang Ingin Dibeli Dapat Insentif PPnBM? Simak Daftarnya

Suasana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Sebagai ilustrasi salah satu lokasi strategis penjualan mobil Nasional sebelum masa pandemi [Suara.com/Arief Hermawan P]Suasana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Sebagai ilustrasi salah satu lokasi strategis penjualan mobil Nasional sebelum masa pandemi [Suara.com/Arief Hermawan P]

Kabar baik bagi konsumen yang mendambakan mobil baru dalam situasi pandemi Covid-19. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan memberikan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) di sektor industri otomotif.

READ  PPnBM Dipangkas, Bagaimana Nasib Harga Bekas Avanza Cs?

Dikutip dari kantor berita Antara, relaksasi pajak berlaku untuk pembelian mobil baru, dan berlaku efektif mulai Maret 2021.

Baca selengkapnya

3. Bagi yang Lupa Mematikan Lampu Mobil, Fitur Daihatsu Siap Bantu

All-New Daihatsu Terios, dengan sepasang lampu utama yang bisa disetting All-New Daihatsu Terios, dengan sepasang lampu utama yang bisa disetting “auto” [Dok PT Astra Daihatsu Motor].

Kegiatan mengemudi yang mengasyikkan, terkadang dibumbui dengan hal kecil akan tetapi berpengaruh terhadap daya kerja sistem kendaraan. Seperti lupa mematikan lampu mobil setelah mesin dimatikan. 

Dipetik dari rilis resmi Daihatsu sebagaimana diterima Suara.com, bagi pengguna All-New Daihatsu Terios, tak usah pusing. Andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini telah dilengkapi headlamp auto off. Fungsinya mematikan lampu utama mobil secara otomatis bersamaan saat pintu pengemudi dibuka.

Baca selengkapnya

4. Seru, Alumni Universitas Budi Luhur Tes Motor Listrik Nasional BL-SEV01

Galih Aji Prakoso, tester Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].Galih Aji Prakoso, tester Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].

Beberapa saat lalu, sepeda motor listrik BL-SEV01 meluncur dari kampus Universitas Budi Luhur. Kekinian, produk roda dua bertenaga non-minyak bumi ini diuji coba oleh rider alumni kampus yang sama.

Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 diajak mengaspal uji coba pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tujuannya mengetahui handling motor listrik itu trek lurus serta tikungan.

Baca selengkapnya

5. Imbauan, Agar Jadi Pembelajaran: Moge Melanggar Ganjil Genap

Ilustrasi konvoi sepeda motor di jalan raya (Shutterstock).Ilustrasi konvoi sepeda motor di jalan raya (Shutterstock).

Dalam penerapan aturan ganjil genap di Kota Bogor, Jumat (12/2/2021), pelat nomor yang diizinkan mengaspal merujuk kepada kalender hari itu. Dari operasi lalu lintas, dijumpai ada 12 biker motor gede atau moge melakukan konvoi menuju kawasan Puncak, Bogor. Tiga di antaranya melanggar aturan ganjil genap karena memiliki pelat nomor ganjil.

READ  Menperin: Industri otomotif masih berkontribusi besar terhadap PDB

Dikutip dari kantor berita Antara, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyatakan, “Ketiga pengendara berpelat nomor ganjil itu kami tangkap dan diserahkan kepada Satgas Penanganan Covid-19 untuk diberikan sanksi.”

Baca selengkapnya

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Ada yang Naksir dan Merekam Hamish Daud, Warganet Ngadu ke Raisa

Read Next

Tips riding yang aman musim hujan

Tinggalkan Balasan