Selain Melembapkan, Ini Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

Selain Melembapkan, Ini Manfaat Minyak Alpukat untuk Kulit

Berikut ini adalah Selain Melembapkan, Ini Manfaat Tak Terduga Minyak Alpukat untuk Kulit yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Minyak Alpukat sangat berguna untuk kesehatan kulit. Minyak alpukat memiliki sederet manfaat tak terduga untuk kesehatan kulit seperti:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Sebuah penelitian di tahun 2013 pada tikus menemukan bukti bahwa asam lemak esensial dan asam oleat dalam minyak alpukat mempercepat sintesis kolagen untuk membantu menutup luka terbuka.

Selain itu, asam lemak dalam minyak alpukat juga memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan selama proses penyembuhan. Dengan begitu, luka jadi lebih cepat sembuh untuk kembali pulih seperti semula.

2. Mengurangi peradangan psoriasis dan eksim

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak alpukat membantu meredakan gejala psoriasis dan eksim. Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengatasi kekeringan, iritasi, dan sisik pada kedua penyakit kulit tersebut.

Meski memiliki manfaat tapi tentu saja tidak semua orang cocok menggunakan minyak alpukat. Sebelum menggunakannya ke bagian kulit yang bermasalah, lakukan uji alergi terlebih dahulu.

3. Merawat kesehatan kulit kepala

Tak hanya minyak kelapa, minyak alpukat juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala.

Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengurangi ketombe dan masalah lain yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan bersisik.

Minyak alpukat bisa dioleskan dari akar hingga ke ujung rambut. Tutup rambut dengan handuk hangat supaya minyaknya menyerap maksimal. Diamkan dengan selama beberapa saat sebelum dibilas.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Minyak alpukat mengandung sterolin, yaitu steroid alami yang diduga kuat dapat meningkatkan produksi kolagen. Berkat sterolin, minyak alpukat dipercaya membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan di kulit seperti bercak cokelat di wajah.

BACA JUGA:  Salah Perawatan Tubuh Bisa Akibatkan Penuaan Dini pada Leher

Selain sterolin, minyak alpukat juga mengandung lesitin yang cukup tinggi. Lesitin adalah komponen yang membantu mengantarkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit yang 

5. Mengurangi dan cegah jerawat

Manfaat minyak alpukat salah satunya bisa dirasakan untuk Anda yang sedang atau rentan berjerawat. Minyak ini termasuk salah satu bahan alami yang bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan kesan berminyak.

Untuk mengurangi risko kemunculan jerawat, gunakan minyak alpukat di wajah sambil didiamkan beberapa saat. Kemudian, bilaslah dengan air hangat untuk menghilangkan kesan berminyak di wajah.

Selain itu, minyak alpukat juga mengandung senyawa antiradang yang bagus untuk jerawat. Senyawa ini membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat yang Anda miliki.

Scroll to Top