BEI Paksa Emiten Tambah Saham Beredar di Publik, Ini Caranya

Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan jadwal penerapan metodologi free float dalam penghitungan indeks dari sebelumnya menggunakan metode rata-rata tertimbang atas kapitalisasi pasar (market capitalization weighting).

Dari 38 indeks yanga da di BEI, baru terdapat 9 indeks yang sudah menggunakan metodologi free float. Lainnya masih menggunakan metode market capitalization weighting yang bobot penghitungan indeks harga sahamnya menggunakan seluruh saham tercatat.

“Penerapan metodologi free float ditujukan antara lain untuk memberikan gambaran kondisi pasar yang sesungguhnya, mengurangi beban manajer investasi (MI) dalam melakukan pengelolaan portofolio investasi, serta mendorong perusahaan tercatat untuk menambah porsi saham free float di pasar,” kata Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan BEI, Albertus Fajar Subagyo, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (3/6/2021).

Penerapan metodologi tersebut juga merupakan praktik umum yang dilakukan oleh penyedia jasa indeks bursa-bursa di dunia. Nantinya, seluruh indeks di BEI akan menerapkan metodologi free float.

Sebelumnya, perubahan metodologi penghitungan indeks dari market capitalization weighting menjadi free Ffoat ini pernah diterapkan pada Indeks LQ45 dan IDX30 pada tahun 2019.

Sedangkan 7 (tujuh) indeks lainnya sudah menerapkan free float sejak awal dibuat, seperti pada indeks IDX80, IDX High Dividend 20, IDX Value30, IDX Growth30, IDX Quality30, IDX ESG Leaders, dan IDX MES BUMN 17.

BEI akan melakukan evaluasi dan perubahan metodologi Penghitungan Indeks dari market capitalization weighting menjadi capped free float adjusted market capitalization weighting secara bertahap. Berikut jadwal selengkapnya:





Free FloatFoto: Doc IDX
Free Float





Free FloatFoto: Doc IDX
Free Float

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

READ  Rupiah Hanya Menguat 'Secuil' Vs Dolar Pekan Ini, Kenapa?

admin

Read Previous

Menuju WorldSSP di Sirkuit Misano Italia, Galang Hendra Pratama Targetkan Ini

Read Next

MAMAMOO sebut pembuatan “WAW” jadi refleksi karir 7 tahun

Tinggalkan Balasan