• September 28, 2020

Begini Penampakan Bus Tingkat Legendaris Era 1990-an

Asaljeplak.my.id –Bus tingkat menjadi salah satu bagian sejarah transportasi umum di Ibu Kota Jakarta. Meski saat ini tak lagi beroperasi, namun keberadaan bus tingkat sempat diabadikan melalui tangkapan gambar.

Seperti diunggah @SejarahRI tentang bus tingkat yang melaju di jalanan Jakarta pada 1990-an. Dari gambar terlihat bila bus tingkat sempat menjadi transportasi primadona masyarakat di masa itu.

Buktinya adalah sesaknya penumpang di dalam bus saat itu. Terlihat juga tulisan P 70 yang melayani rute Blok M – Kota.

Namun sayangnya operasi bus legendaris itu harus berakhir karena kondisi armada sudah uzur. Selain itu, pada tahun-tahun terakhir bus tingkat beroperasi, jalanan Jakarta juga sudah mulai macet sehingga menyulitkan manuver bus tingkat.

Warga mengantre untuk naik bus tingkat keliling Jakarta di Halte Masjid Istiqal, Jakarta, Sabtu (1/7).Warga mengantre untuk naik bus tingkat wisata, dengan rute keliling Jakarta di Halte Masjid Istiqal, Jakarta, Sabtu (1/7/2019) [Suara.com].

Sebagian besar bus tingkat yang dioperasikan di Jakarta didatangkan pada tahun 1984. Bus Volvo B55 tersebut memiliki panjang 11,8 m dan bisa menampung 200 penumpang.

Saat ini, sisa-sisa kejayaan bus tingkat tersimpan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Namun demikian, masyarakat masih bisa merasakan naik bus tingkat di beberapa rute sebagai bus pariwisata Ibu Kota.

Bagi yang belum pernah merasakan sensasinya, bisa menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan City Tour. Halte-halte itu dapat dijumpai di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

READ  Sal Priadi dan pencinta musik bisa terhubung lewat aplikasi Resso

admin

Read Previous

Lirik Lagu Tatu oleh Didi Kempot

Read Next

Elon Musk bicarakan vaksin, hingga bertemu CEO VW di Jerman

Tinggalkan Balasan