Bantu Program Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Bisa Gunakan Dana BOS

Asaljeplak.my.id –Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Dana BOS dianggap sangat membantu pihak sekolah terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Hal itu juga yang coba disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 1 Salatiga, Haryati S.Pd, M.Pd, terkait petunjuk teknis dana BOS 2021.

“Petunjuk teknis dana BOS 2021 ini, sangat membantu sekolah di masa pandemi untuk mewujudkan pendidikan yang baik. Sementara sekolah-sekolah dituntut pembelajaran jarak jauh,” ungkapnya lewat keterangan rilis yang diterima Suara, Jumat (26/3/2021).

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Dr. Susanto.

Baca Juga:
Satu WNI Berulah di Masjid Arab Saudi, Prabowo Pamer Foto Jadul

“Kondisi pandemi ini memang memaksa sekolah untuk beradaptasi. Seperti yang ibu Hariyati sampaikan, bahwa pendidik berusaha untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada siswa-siswanya, tentunya didukung dengan dana BOS,” ungkapnya.

Susanto menjelaskan, sejak 2020 anggaran dana BOS sudah berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk 2021 ini, dana BOS akan diberikan berdasarkan jumlah siswa.

“Untuk tahun 2021 ini, dana BOS diberikan berdasarkan jumlah siswa dikalikan biaya per satuan pendidikan, juga disesuaikan tingkat kemahalan per Kabupaten atau Kota,” terangnya.

Dalam prakteknya, Hariyati menggunakan dana BOS untuk membeli tablet dan meningkatkan sarana serta prasarana sekolah, sehingga para siswa yang terhambat mengikuti pembelajaran jarak jauh bisa dibantu dan didukung pihak sekolah.

“Bagi siswa kami yang mengalami hambatan sarana dan prasarana melakukan PJJ, kami pinjamkan perangkat tablet kami yang pengadaannya berasal dari BOS,” kisahnya.

Baca Juga:
Waria Jadi Kepala Sekolah Islam dan 4 Berita Terpopuler SuaraJogja

Selain itu, Hariyati juga memanfaatkan dana BOS untuk meningkatkan kompetensi guru selama pembelajaran jarak jauh berlangsung saat pandemi.

  • «
  • 1
  • 2
  • »
    READ  Kemendikbud Sebut 50 Persen Siswa Tak Miliki Ponsel untuk Belajar Daring

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    3 Poin, Target Andik Vermansah di Laga PSM Makassar Vs Bhayangkara Solo FC

    Read Next

    Crypto Art: Antara seni, teknologi dan peluang usaha

    Tinggalkan Balasan