Bahas Situasi Myanmar dengan Menlu Jepang, Retno: Dialog Harus Diupayakan

Asaljeplak.my.id –Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu dalam Pertemuan 2+2 di Jepang, Selasa (30/3/2021).

Selain soal kerjasama bilateral, Menlu Retno dan Menlu Jepang juga membahas beberapa isu kawasan dunia. Salah satunya soal situasi Myanmar.

Indonesia dan Jepang, kata Retno, memiliki keprihatian perkembangan situasi kekerasan yang dilakukan angkatan bersenjata Myanmar terhadap pengunjuk rasa anti kudeta militer.

“Indonesia menolak keras penggunaan kekerasan oleh aparat keamanan yang menyebabkan jatuhnya lebih dari 100 korban meninggal pada tanggal 27 Maret 2021. Hal ini tidak dapat diterima,” ucap dia.

Baca Juga:
Pertemuan 2+2 Menlu Retno dan Menhan Prabowo di Jepang, Ini yang Dibahas

Karena itu kedua negara, kata Retno, sepakat untuk menghentikan kekerasan dan mendesak dilakukan dialog untuk menyelesaikan masalah di Myanmar.

“Penggunaan kekerasan harus segera dihentikan sehingga korban tidak berjatuhan kembali. Dialog harus terus diupayakan. Hanya melalui dialog Myanmar akan dapat menyelesaikan masalah mereka,” tutur Retno.

Pertemuan 2+2 di Jepang antara Menlu Retno Marsudi dan Menhan Prabowo Subianto dengan Menlu dan Menhan Jepang, Selasa (30/3/2021). [Tangkapan Layar]Pertemuan 2+2 di Jepang antara Menlu Retno Marsudi dan Menhan Prabowo Subianto dengan Menlu dan Menhan Jepang, Selasa (30/3/2021). [Tangkapan Layar]

Selain itu, Retno menyebut dalam pertemuan bilateral, Indonesia kembali menyampaikan prinsip-prinsip yang ada dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Antara lain yakni transparansi, keterbukaan, inclusiveness, dan selalu mengedepankan kerjasama.

“Saya menyampaikan kembali prinsip-prinsip yang ada di dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, yaitu antara lain transparansi, keterbukaan, inclusiveness dan selalu mengedepankan kerjasama,” ucap dia.

Baca Juga:
Buang Sampah di Kotak Surat, Pria Ini Ditangkap Polisi Jepang

Rivalitas dan konfrontasi, kata Retno, tidak akan menguntungkan siapapun. Karenanya Kawasan Indo-Pacific harus menjadi kawasan damai dan sejahtera.

  • «
  • 1
  • 2
  • »
    READ  Semangka Berbentuk Kotak dari Jepang, Tebak Berapa Harganya?

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Ini Spesifikasi Redmi Note 10 Pro, HP yang Dijual Rp 3,5 Juta di Indonesia

    Read Next

    Gelandang tim nasional akui lebih tenang usai divaksin COVID-19

    Tinggalkan Balasan