Apa Itu Thrifting? Berikut Arti Thrifting, Plus Tips dan Trik Berbelanja

Asaljeplak.my.id –Apa itu thrifting? Istilah thrifting mungkin terdengar tidak asing bagi para pecinta barang vintage. Bagi sebagian kalangan, thrifting adalah budaya populer yang mengesampingkan faktor higienitas. Namun, di Indonesia sendiri, thrifting kini telah memiliki kalangan penggemarnya tersendiri.

Konsep thrifting yang mendukung kampanye zero waste disambut baik oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Namun, walaupun istilah ini sudah sering didengar, masih banyak anak muda yang salah mengartikan apa itu thrifting. 

Berikut ini ulasan tentang apa itu thrifting lengkap dengan keuntungan serta tips dan trik yang perlu Anda ketahui saat melakukan kegiatan ini.

Apa itu thrifting?

Baca Juga:
Apa Arti dan Fungsi Kode SWDKLLJ pada STNK?

Banyak kalangan yang mengartikan thrift sebagai barang-barang bekas. Namun, pengertian tersebut nampaknya kurang tepat. Merujuk pada kamus urban, thrifting merupakan kegiatan berbelanja demi mendapatkan harga barang yang lebih murah dan barang yang tidak biasa seperti selera pasar saat ini.

Selain itu, arti thrifting juga dapat disebut sebagai kegiatan membeli barang bekas pakai, dengan catatan bukan berarti kualitas barang yang dijual tidak begitu bagus. Sebaliknya, barang yang dijual di toko thrift biasanya masih dalam keadaan baik dan berkualitas. Nah, barang-barang yang dijual di toko thrift lebih sering disebut dengan istilah preloved.

Kenapa berbelanja di thrift shop?

Barang thrift yang paling populer adalah pakaian. Para penggemar OOTD yang menjadi inspirasi berbusana banyak orang memandang bahwa berbusana modis tidak hanya berasal dari barang-barang mewah dan mahal. Namun, barang-barang tersebut juga bisa didapatkan ketika thrifting. Tidak hanya tampilan keren dari hasil perpaduan si pemakai, namun barang-barang hasil thrifting tersebut kerap terlihat menarik, unik, dan tidak pasaran. Bahkan jika beruntung, pembeli bisa menemukan barang-barang branded dengan harga yang sangat terjangkau.

Keuntungan lainnya dari thrifting adalah busana yang lebih awet dan tidak mudah rusak dikarenakan sudah terbukti oleh pemilik sebelumnya. Pembeli juga dapat menemukan barang-barang langka yang jarang dijumpai. Bahkan pembeli mungkin saja mendapatkan barang limited edition yang sudah tidak diproduksi.

Baca Juga:
Apakah Flash Sale Harus Langsung Bayar?

Tips dan trik thrifting

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum thrifting adalah melakukan riset thrift store yang akan dikunjungi. Pembeli bisa mencari rekomendasi thrift store dari internet maupun dari kerabat. Melakukan riset harga juga sangat penting. Bandingkan harga suatu barang di salah satu toko dengan toko lainnya. Jangan lupa untuk selalu melihat kualitas barang sebelum membelinya. Periksa dengan teliti agar tidak menyesal setelah membelinya jika ada kerusakan.

Setelah pembeli membeli barang yang ditemukan, alangkah baiknya jika barang tersebut dibersihkan terlebih dahulu.Usahakan membersihkannya dengan cairan antiseptik mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas. 

Demikianlah penjelasan apa itu thrifting dan beberapa tips dan trik saat melakukan thrifting. Semoga bermanfaat!

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

RD Merasa Beruntung Mengenal Almarhum Ricky Yacobi

Read Next

Twitter akan transfer akun kepresidenan ke Joe Biden saat pelantikan

Tinggalkan Balasan