Apa itu 8 bit ? Definisi dan Penjelasannya

apa itu 8 bit ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

8 bit adalah 8-bit adalah perangkat keras atau program perangkat lunak komputer awal yang mampu mentransfer delapan bit data secara bersamaan. Sebagai contoh, prosesor Intel 8080, yang merupakan salah satu prosesor komputer pertama yang banyak digunakan berjalan pada arsitektur 8-bit. Prosesor komputer saat ini umumnya menggunakan 64-bit.

Ketika mengacu pada kartu video atau kartu grafis, 8-bit mengacu pada jumlah warna yang dapat ditampilkan. Misalnya, 8-bit sama dengan 256 warna.

Sejarah 8-bit

8 bit adalah kemampuan ukuran kata maksimum dari banyak komputer yang banyak digunakan pada awal 1970-an hingga akhir 1980-an. Ini adalah keterbatasan perangkat keras dari teknologi arsitektur mikroprosesor saat itu dan merupakan hambatan utama untuk perangkat lunak yang dibuat untuk sistem komputer tersebut.

Prosesor dan registernya hanya dapat menampung dan memproses 8 bit data pada satu waktu, sehingga setiap proses perhitungan melibatkan lebih banyak siklus pengambilan dan eksekusi dibandingkan dengan komputer dengan ukuran kata 16-bit atau lebih tinggi seperti arsitektur prosesor 32 dan 64-bit saat ini.

Arsitektur 8-bit sangat populer di kalangan gamer, sebagai konsol game klasik pertama, yang membuka jalan bagi industri game dimulai pada 8-bit. Atari 2600 dan Nintendo Entertainment System (NES), konsol game yang dijunjung tinggi, dianggap sebagai ikon era game 8-bit.

Bahkan saat ini, grafis dan audio 8-bit masih digunakan untuk game baru yang berjalan pada perangkat keras modern. Penggunaan grafis seperti 8-bit disebut pixel art, yang jelas tidak lagi mengacu pada warna atau monitor 8-bit tetapi hanya dibuat agar terlihat pixelated menyerupai grafis 8-bit dan menimbulkan rasa nostalgia.

admin

Read Previous

Apa itu 7k ? Definisi dan Penjelasannya

Read Next

Apa itu 8D audio ? Definisi dan Penjelasannya

Tinggalkan Balasan