Apa itu 4G ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 4G ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

4G adalah teknologi komunikasi yang merupakan penerus dari teknologi 3G, yang spesifikasinya disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh International Telecommunications Union-Radio communications sector (ITU-R).

Spesifikasi standar tersebut diberi nama International Mobile Telecommunications Advanced (IMT-Advanced), yang mewajibkan penyedia layanan 4G untuk memiliki kecepatan transfer data sebesar 100 Mbps (Megabit per detik) atau 12,5 MBps (Megabyte per detik) untuk komunikasi dengan mobilitas tinggi, dan 1 Gbps (Gigabit per detik) untuk perangkat komunikasi yang sifatnya stationery (diletakkan di suatu tempat yang tidak berpindah-pindah).

Akan tetapi, teknologi yang dimiliki penyedia layanan telekomunikasi saat itu belum mampu untuk memenuhi standar tersebut, namun tetap menawarkan layanan mereka dengan nama 4G yang tentunya menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh ITU-R, meskipun tetap memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan 3G.

Beberapa pengembangan teknologi yang dilakukan seperti MobileWimax dan 4G LTE juga masih belum mampu untuk memenuhi standar tersebut sehingga banyak pula yang menyebut kedua teknologi itu sebagai teknologi 3,5G.

Setelah munculnya teknologi LTE-advanced dan WirelessMAN-Advanced barulah ITU-R mulai mempertimbangkan untuk mengkategorikan keduanya ke dalam teknologi 4G karena spesifikasi yang disajikan bisa dibilang sudah cukup memenuhi standar yang ditetapkan oleh ITU-R.

Apa itu 4G LTE ? Definisi dan Penjelasannya

Bahkan beberapa teknologi yang disematkan ke dalam LTE-advanced juga direncanakan untuk dimasukkan ke dalam teknologi 5G yang akan datang sehingga bisa dibilang teknologi tersebut akan dapat menjadi landasan untuk pengembangan teknologi komunikasi kedepannya.

Apa itu 5G ? Definisi dan Penjelasannya

admin

Read Previous

Apa itu 4000 jam tayang ? Definisi dan Penjelasannya

Read Next

Apa itu 4G LTE ? Definisi dan Penjelasannya

Tinggalkan Balasan