• September 15, 2020

Apa itu 4000 jam tayang ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 4000 jam tayang ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

4000 jam tayang adalah salah satu syarat yang diperlukan oleh suatu channel Youtube agar dapat mengaktifkan fitur monetisasi pada video-video yang ada di channel tersebut, di luar dari syarat 1000 subscriber yang juga ditetapkan oleh pihak Youtube.

Apa syarat mengikuti program monetisasi Youtube?

Agar suatu channel bisa dipertimbangkan untuk mengikuti program monetisasi Youtube, alias bisa terpasang iklan di video-videonya dan mendapatkan penghasilan dari Youtube, syarat terbaru yang diminta oleh Youtube adalah channel tersebut minimal harus memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir..

4000 jam tayang disini berarti video-video yang ada di channel kamu telah ditonton sebanyak 4000 jam selama 12 bulan terakhir, dilihat dari akumulasi total jumlah jam tayang dari semua video.

Nantinya setelah channel Youtube kamu memenuhi syarat tersebut, maka tim Youtube akan melakukan review atas channel milikmu, apakah video-video di dalamnya dianggap layak atau tidak untuk disertakan dalam program monetisasi (kualitas konten), apakah mayoritas subscriber merupakan pengguna aktif, dan apakah 4000 jam tayang itu memang murni ditonton oleh pengguna lain atau oleh bot.

Untuk kualitas konten, selama konten tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh Youtube, seperti:

  • Konten pornografi,
  • Konten mengandung kekerasan,
  • Konten berisi ancaman/terorisme/senjata,
  • Konten yang mengandung hak cipta,
  • Konten yang mengandung ujaran kebencian,
  • Konten SPAM dan menyesatkan.

Maka biasanya Youtube akan menyetujui channel tersebut untuk masuk ke dalam program monetisasi, meskipun beberapa waktu terakhir ini semakin diperketat oleh Youtube.

Proses approval atau persetujuan ini tidak sebentar dikarenakan setiap channel yang memenuhi syarat akan ditinjau secara manual oleh karyawan Youtube, sementara jumlah channel baru yang harus mereka tinjau itu bisa mencapai ratusan, ribuan, bahkan jutaan.

READ  Apa itu 5S ? Definisi dan Penjelasannya

Asaljeplak sendiri harus menunggu selama kurang lebih 5-6 bulan sebelum channel Youtube Asaljeplak disetujui oleh pihak Youtube untuk mengikuti program monetisasi.

Perhitungan 4000 Jam Tayang

Lalu bagaimana perhitungan dari 4000 jam tayang tersebut?

Perhitungan 4000 jam tayang di sini hanya akan dilihat dari 12 bulan terakhir saja, namun tetap menyertakan jam tayang yang telah diakumulasi sebelumnya.

Contohnya begini:

Channel Youtube kamu sudah ada selama 15 bulan (1 tahun 3 bulan), kemudian pada 3 bulan pertama total video-video yang ada di channel kamu sudah memiliki 1,500 jam tayang (sudah ditonton sebanyak 1,500 jam oleh pengguna Youtube lainnya), dan pada bulan ke 15 kamu akhirnya mencapai 4,000 jam tayang dan jumah subscriber telah mencapai 1,000.

Maka jam tayang kamu tetap terhitung sebanyak 4,000 jam tayang meskipun yang dilihat hanya dari 12 bulan terakhir, karena pada 3 bulan pertama kamu sudah mendapatkan 1,500 jam tayang, sehingga 12 bulan selanjutnya akan dimulai dari 1,500 jam tayang itu dan tidak dipotong atau dilihat dari nol.

Baca artikel di Asaljeplak.com mengenai tips-tips sukses menjadi Youtuber yang bisa kamu coba.

admin

Read Previous

Apa itu 3R ? Definisi dan Penjelasannya

Read Next

Apa itu 4G ? Definisi dan Penjelasannya

Tinggalkan Balasan