7 Januari Rekor Penambahan Kasus Corona, Satgas: Imbas Libur Panjang

Asaljeplak.my.id –Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan penambahan kasus Covid-19 sebanyak 9.321 orang pada Kamis (7/1/2021) merupakan penambahan kasus tertinggi harian sejak awal pandemi. Bahkan, kata Wiku, angka tersebut meningkat 500 kasus.

“Berat bagi saya untuk menyampaikan data ini. Penambahan kasus positif harian per hari ini adalah yang tertinggi sejak awal pandemi, mencapai 9 ribu, bahkan angka ini meningkat hampir 500 kasus hanya dalam waktu satu hari,” kata Wiku dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Kamis (7/1/2021).

Wiku menyebut rekor tertinggi penambahan kasus harian tersebut imbas dari libur panjang Natal dan Tahun Baru. Hal tersebut terjadi sudah yang keempat kali dan pemerintah belum berhasil memperbaikinya.

“Ini adalah imbas dari libur panjang. ternyata pada pembelajaran yang keempat kalinya dan kami belum berhasil juga memperbaiki dan mengambil pelajaran dari 3 libur panjang sebelumnya yang telah kami sampaikan berulang-ulang. Ini adalah kondisi yang sangat mengkhawatirkan dan perlu untuk segera dihentikan,” ucap dia.

Baca Juga:
Suasana Hari Pertama WNA Dilarang Masuk di Bandara Soetta

Tak hanya itu, Wiku menuturkan tren perkembangan peningkatan kasus Covid-19 nasional terus mengalami peningkatan sejak Maret 2020.

Peningkatan jumlah kasus Covid-19 tertinggi terjadi pada periode Agustus-September 2020. Pada periode tersebut jumlah kasus Covid-19 mengalami peningkatan sebesar 45.895 kasus.

Selain itu kata Wiku, Pulau Jawa dan Bali juga menjadi kontributor terbesar peningkatan kasus Covid-19 di tingkat nasional.

Menurut dia, sejak awal pandemi, kontribusi kasus dari pulau Jawa dan Bali tidak pernah berada di bawah 50 persen dari penambahan kasus positif mingguan.

“Bahkan pada Desember 2020 sebanyak 129.994 kasus dikontribusikan oleh kedua pulau tersebut dan ini merupakan yang tertinggi sejak Maret 2020,” ucap Wiku.

READ  Rizieq Jalani Swab Test Covid, Epidemiolog: Bisa Jadi Edukasi Jemaahnya

Baca Juga:
Hari Pertama 2021, Sebanyak 13 Warga Negara Asing Lolos Masuk Indonesia

Wiku menuturkan, jika dilihat dari angka akumulatif kasus positif per tanggal 3 Januari 2021, ternyata Pulau Jawa dan Bali berkontribusi sebesar 65 persen atau 496.674 kasus dari total kasus positif Covid-19 di tingkat nasional.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Qualcomm: Harga Ponsel Tak Ditentukan Prosesor

    Read Next

    FA akui komentar Cavani tak berbau rasisme meski sanksi tak dicabut

    Tinggalkan Balasan