5 Destinasi Wisata Religi yang Dapat Kamu Kunjungi di Indonesia

Asaljeplak.my.id –Indonesia merupakan sebuah negara yang dikaruniai dengan beragam lokasi wisata menakjubkan. Jenis wisata yang ada di Indonesia banyak sekali, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya dan tak lupa adalah wisata religi.

Sama seperti umumnya wisata yang bermaksud untuk menghibur diri, wisata religi juga demikian. Bedanya, selain mengagumi keindahan bangunan atau sejarah tempat yang dituju, kamu bisa mendapat ketenangan jiwa dan kebahagiaan batin. Selain itu, wisata religi memiliki beberapa manfaat lainnya. Setidaknya ada empat manfaat wisata religi.

Pertama, menghilangkan stres. Rutinitas sehari-hari seperti kuliah atau bekerja, tentu membuat kamu stres. Belum lagi, pandemi Covid-19, membuat terjadinya perubahan gaya hidup seperti harus mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Nah, wisata religi bisa menjadi alternatif kamu untuk menghilangkan stres. Sebab, selain memiliki keindahan yang mengagumkan, unsur religiusnya dapat membuat beban di pikiran kamu menjadi hilang otomatis.

Kedua, penawar dahaga spiritual. Jika wisata lain hanya mendapatkan kepuasan sementara, berbeda dengan wisata religi. Dahaga spiritual yang kamu miliki dapat segera tersegarkan begitu mengunjungi objek wisata religi yang kamu butuhkan. Ketiga, menambah wawasan. Selain mendapat ketenangan jiwa dan penawar dahaga spiritual, wisata religi juga dapat menambah wawasan kamu. Keempat, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Ketika berkunjung ke tempat wisata religi, tentunya hal tersebut membuat kamu semakin mendekatkan diri ke Sang Pencipta. Karena selain mengagumi keindahan tempat yang dituju, kamu dapat melakukan aktivitas ibadah seperti mengaji atau salat.

Baca Juga:
Naikkan Kuota Umrah, Arab Saudi Incar Sektor Wisata Reliji?

Nah, berikut wisata religi yang dapat kamu kunjungi #DiIndonesiaAja:

1. Masjid Raya Sumatra Barat

READ  Harga Minyak Dunia Melesat Jadi 43,34 Dolar AS per Barel

Masjid Raya Sumbar.(Dok: Pesona Indonesia)Masjid Raya Sumbar.(Dok: Pesona Indonesia)

Jika kamu sedang berkunjung ke Padang, Sumatra Barat, cobalah untuk mengunjungi Masjid Raya Sumatra Barat. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 40.343 meter persegi ini, tidak seperti masjid pada umumnya yang berbentuk kubah. Masjid Raya Sumatra Barat, memiliki kubah bak rumah adat khas Minangkabau yaitu Rumah Gadang. Bagian atapnya memiliki empat sudut yang meruncing. Setiap sisi atapnya terlukis kaligrafi bernuansa emas yang memukau, megah dan menakjubkan. Jika dilihat lebih detail, atap ini tak hanya berbentuk Rumah Gadang saja. Namun juga membentuk kain yang ditarik di empat sudutnya.

2. Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta.(Ist)Gereja Katedral Jakarta.(Ist)

Sebagai salah satu gereja terbesar di Indonesia, Gereja Katedral menjadi salah satu objek wisata religi yang tidak boleh kamu lewatkan di Jakarta. Diarsiteki oleh Pastor Antonius Dinkins, Gereja Katedral memiliki desain berbeda dengan bangunan gereja di Indonesia saat ini. Dengan bangunan yang tinggi serta menara yang meruncing, Gereja Katedral menampilkan kesan penuh keagungan layaknya gereja Westminster Abbey di London. Gereja Katedral juga dilengkapi dengan banyak jendela. Jendela-jendela tersebut dihiasi dengan lukisan yang menjelaskan tentang peristiwa jalan salib yang pernah dialami oleh Yesus Kristus. Tepat di bawah lukisan tersebut, di bagian kanan dan kiri gereja terdapat bilik-bilik yang digunakan sebagai tempat untuk pengakuan dosa. Alhasil, gaya arsitektur bernuansa Neo-Gotik sukses membuat kamu seolah sedang berwisata di luar negeri.

Baca Juga:
Dua Jasad di Makam Ini Masih Utuh Saat Dipindah Saat Revitalisasi Sekumpul

3. Candi Sewu

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Jelang Lawan Oman, Timnas Indonesia Fokus Benahi Transisi

Read Next

Daftar ponsel yang bisa pakai 5G Telkomsel

Tinggalkan Balasan