4 ‘PR’ Pemerintah Agar Potensi Ekonomi Digital Tak Hilang

Asaljeplak.my.id –Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungapkan potensi ekonomi digital Indonesia yang luar biasa besar akan sirna jika pemerintah tak lakukan sejumlah perubahan.

“Artinya Indonesia sangat memiliki potensi yang luar biasa di bidang ekonomi digital, tapi potensi ini tidak akan bisa menjadi peluang jika infrastruktur tidak memadai,” kata Sri Mulyani dalam acara Fintech Summit 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Infrastruktur, kata Sri Mulyani, adalah yang menunjang aktivitas ekonomi digital itu sendiri, seperti halnya akses internet.

Menurut dia saat ini tidak semua masyarakat bisa dapat dengan mudah mengakses internet.

Baca Juga:
Sri Mulyani Ungkapkan UU Cipta Kerja Bakal Perbaiki Ekosistem Investasi

Hal itu, kata dia adalah pekerjaan pertama yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan yang paling utama.

“Tidak ada istilah terluar, terpinggirkan atau tertinggal dalam hal ini (akses internet) mereka perlu dapat akses internet. Makanya kita perlu bangun infrastruktur,” katanya.

Setidaknya ada 3 masalah lain yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Selain infrastruktur, pekerjaan lainnya adalah soal Sumber Daya Manusia (SDM), institusi dan Regulasi.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut dari laporan yang dirilis Temasek, ekonomi digital Indonesia akan berkembang pesat pada 2025 mendatang dari berbagai bidang.

Pertama, dari bidang internet, ekonomi digital RI diproyeksi naik lebih dari tiga kali lipat yakni dari USD 40 miliar menjadi USD 133 miliar.

Baca Juga:
Sri Mulyani Sebut UU Cipta Kerja Angin Segar Buat Pengusaha

Kemudian, melalui e-commerce naik empat kali lipat dari USD 20 miliar ke USD 82 miliar dan online traveling naik 2,5 kali lipat dari USD 10 miliar menjadi USD 25 miliar.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Kia Sonet masuk Indonesia, harga mulai Rp193 juta

    Read Next

    Kemarin, anugerah tanda kehormatan hingga konvensi capres NasDem

    Tinggalkan Balasan