3 Platform Belanja Online Paling Hits Selama Pandemi

Asaljeplak.my.id –Aktivitas belanja online mengalami peningkatan tajam selama pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut dipicu oleh ruang gerak masyarakat yang terbatas selama pandemi. Itu juga mengapa platform belanja online atau e-commerce dianggap menjadi jawaban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut data yang dirilis Populix, sepanjang tahun 2020 persaingan untuk menggaet jumlah transaksi di platform e-commerce begitu ketat.

Lewat survei yang melibatkan 6285 responden, Populix menyebut setidaknya ada tiga platform e-commerce yang saat ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apa saja? Berikut daftar lengkap dikutip dari siaran pers yang diterima Suara.com, Minggu (22/11/2020).

1. Shopee

Baca Juga:
Minimalisir Nakes Infeksi Covid-19, RS Omni Uji Coba Tanam Chip RFID di APD

Program Garansi Harga Termurah Shopee. [Dok. Shopee Indonesia]Program Garansi Harga Termurah Shopee. [Dok. Shopee Indonesia]

Keberhasilan Shopee tidak lepas dari strategi promosi dan layanannya. Shopee berada di posisi pertama karena menawarkan promo ongkos kirim dan cashback. Selain itu, Shopee juga memperkuat sisi teknologi melalui pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan In-app games.

2. Tokopedia

Pengguna aplikasi Tokopedia menunjukan akun Tokopedianya, Jakarta, Senin (4/5).  [Suara.com/Alfian Winanto]Pengguna aplikasi Tokopedia menunjukan akun Tokopedianya, Jakarta, Senin (4/5). [Suara.com/Alfian Winanto]

Tokopedia berada di urutan kedua. E-commerce lokal ini dipilih oleh sebanyak 18 persen responden laki-laki dan 7 persen responden perempuan. Tahun ini, Tokopedia meluncurkan fitur quick reply chat serta menyediakan weekly summary sales and order bagi mitranya. Sementara untuk konsumen, Tokopedia hadirkan pengalaman belanja langsung lewat fitur Tokopedia Play.

3. Lazada

Logo perusahaan dagang online, Lazada (Suara.com/Lazada.co.id).Logo perusahaan dagang online, Lazada (Suara.com/Lazada.co.id).

E-commerce Lazada memperoleh 14 persen suara responden laki-laki dan 9 persen responden laki-laki. Lazada gencar dalam melakukan promosi kreatif seperti menggaet aktor termahal Korea Selatan saat ini Lee Min Ho, sebagai Regional Brand Ambassador-nya. Selain itu, Lazada juga gencar banting harga, memberi layanan live streaming, dan terus memperluas segmentasi konsumennya.

Dari survei yang dilakukan, Populix juga merilis sejumlah data tentang tren belanja online lainnya.

Baca Juga:
Merasa Jenuh Selama Pandemi? Lakukan Tips Kreatif Ini di Rumah

Dari kategori usia, Milenial dan Gen Z masih mendominasi aktivitas belanja online dengan komposisi usia 18 sampai 21 tahun dan 22 sampai 28 tahun memiliki angka tertinggi dalam aktivitas belanja online dengan masing-masing 35 persen dan 33 persen suara koresponden.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Hasil Liga Inggris: West Ham Perpanjang Tren Buruk Sheffield United

    Read Next

    Truk Apple dibajak, produk senilai jutaan dolar dicuri

    Tinggalkan Balasan